Centos akan pensiun?


Shock rasanya saat dapet kabar CentOS hanya akan di support pada akhir 2021. Sudah 5 tahun lebih menggunakan centos dan mulai jatuh cinta. Kabarnya sih si CentOS akan berubah menjadi centos stream.

Apaan tuh?

Yang saya pahami sih gini,

Ceritanya, untuk mendapatkan sistem RHEL yang Stable, Sebelumnya itu di uji coba di fedora project. nah, saat ini yang sedang berjalan bisa di bilang centos adalah turunan RHEL dalam versi stable-nya. kalo pake alur kira2 gini :

fedora -> RHEL -> centos.

Di tahun 2022 nanti alur akan berubah. centos nantinya akan menjadi bahan ujicoba dari RHEL, setelah source code di ujicoba pada fedora, jadi alurnya:

fedora -> centos -> RHEL.

Jadi, kalo di bilang centos akan hilang sih menurut saya nggak ya. cuma mungkin centos tidak ada lagi versi stable-nya tapi adanya versi developer. yang nanti akan di support dengan repository bernama centos stream, mungkin?

Pertanyaannya, kenapa harus menghilangkan centos stable nya, ya pak RHEL?  ini seperti sepasang kekasih yang di pisahkan oleh orang tuanya..haha

Yang tadinya meninggalkan kekasih lama si sang FreeBSD karena si Centos, sekarang malah di tinggalkan sama si CentOS. Akankah balik lagi ke FreeBSD?


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *