Mengapa harus belajar linux


Linux adalah sebuah kernel yang diciptakan Linus Trovald, yang kemudian bersama GNU bersinergi menjadi sistem operasi GNU/Linux. Tetapi kebanyakan orang cukup menyebut dengan linux. linux adalah sistem operasi yang sourcenya terbuka atau di sebut open source. Apa itu opensource?. apakah sama dengan freeware atau sistem operasi grastis?. Noo. tidak semuanya sistem operasi opensource yang gratis. Contohnya RHEL dan SLES.

Jadi opensource menurut penulis adalah source code yang di sebarluaskan secara gratis, boleh di kembangkan, di modifikasi sesuai dengan lisensi yang terdaftar pada source code tersebut. RHEL adalah sistem operasi yang kernelnya berasal dari linux. Tetapi ketika sudah menjadi  Sistem Operasi, pembuat/pemiliknya bisa tetap menggratiskan atau menjadi sebuah sistem operasi berbayar.

Umumnya sistem operasi berbasis GNU/Linux bersifat gratis seperti : Android, Ubuntu, CentOS, Debian dan sebagainya. Lalu mengapa kita harus belajar linux?. Hmmmm, mungkin tulisan ini di tunjukan untuk para mahasiswa yang berada di Teknik Informatika, elektro, Komputer dan sejenisnya.

kita perlu belajar linux karena, hampir sebagian besar Server dan perangkat IT di dunia ini berbasis linux. Contohnya saja ponsel yang sistem operasinya Android. Begitu juga untuk kalangan mahasiswa IT / Teknik. Beberapa aplikasi simulator atau pemograman yang gratis biasanya berjalan di sistem operasi  Linux.

Maka dari itu menurut penulis, alangkah baiknya dari awal sudah mempelajari cara penggunaan sistem operasi linux.

Beberapa tulisan teknis yang tentang linux ada pada website : http://hanangpriambodo.com/category/komputer/administrasi-sistem/linux/

Mungkin untuk tulisan ini cukup dahulu sampai disini.

Terima Kasih.

 

–HP–


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *